4+ Cara Pasang Penguat Sinyal WiFi Agar Kencang!

banner 120x600

Cara pasang penguat sinyal WiFi tentunya sangat penting untuk Anda pelajari. Sebab, posisi dan cara pasang perangkat router ini akan sangat menentukan kecepatan sinyal jaringan internet yang dipancarkan. Bahkan, router pun harus dipilih yang sesuai dengan luas tempat Anda. Hal ini dikarenakan setiap router memiliki fungsi dan ukuran yang berbeda-beda. Simak informasinya berikut ini!

Cara Pasang Penguat Sinyal WiFi

Perlu Anda ketahui, bahwa setiap router memiliki fungsi dan ukurannya masing-masing. Jika tempat yang akan Anda gunakan memiliki luas kurang dari 140 meter persegi misalnya, maka Anda cukup menggunakan satu akses titik nirkabel saja.

Lantas, apabila router sudah beberapa tahun digunakan, maka harus Anda perbarui ke model yang terbaru dengan dukungan 802.11 dan memiliki dua band nirkabel. Berikut ini ada beberapa cara pasang penguat sinyal WiFi yang perlu Anda ketahui.

1.    Jangan Letakkan Router di Sudut Rumah

Jika Anda memasang router di sudut rumah, maka sinyalnya akan lebih banyak berada di luar rumah Anda. Oleh sebab itu, silahkan Anda letakkan router tersebut ke titik pusat untuk bisa mengoptimalkan sinyal.

Selain itu, Anda juga bisa memasang router setinggi mungkin. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan jangkauannya, karena pola penyebaran sinyalnya akan cenderung vertikal. Tidak hanya itu, router ini juga bisa Anda tempatkan di atas rak buku maupun dinding rumah yang tidak mencolok.

Baca juga  : Cara Ubah Sandi WiFi

2.    Jauhkan dari Alat Elektronik

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencoba untuk memilih lokasi yang jauh dari alat elektronik dan benda logam besar lainnya. Jadi, semakin banyak dinding atau elektronik di dekat router, maka akan semakin tinggi kemungkinan sinyal akan terganggu.

Salah satu alat elektronik yang secara khusus bisa Anda hindari adalah microwave. Hal ini dikarenakan microwave bisa memancarkan sinyal yang cukup kuat, yakni hingga 2.4 GHz.

3.    Atur Posisi Antena Router

Cara pasang penguat sinyal WiFi selanjutnya adalah dengan mengatur posisi antena routernya. Pengaturan posisi antena router ini juga sangat penting, karena posisi ini akan sangat mempengaruhi kualitas jaringan internet yang dihasilkan.

Jika ada beberapa antena di router tersebut, maka silahkan Anda atur saja posisinya dengan baik. Jangan posisikan antena router ke arah yang sama. Jadi, buat saja arah antena tegak lurus satu sama lain, baik secara vertikal maupun horizontal. Hal ini dilakukan agar jaringan internet Anda bisa menutupi berbagai sudut.

4.    Letakkan Router WiFi Menurut Sains

Di zaman yang serba modern seperti saat ini, tentunya internet menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi banyak orang. Maka tidak mengherankan apabila berlangganan internet sudah sangat lazim dilakukan. Salah satunya adalah dengan pemasangan router atau penguat sinyal WiFi ini.

Perlu Anda ketahui, bahwa semakin jauh Anda dari router, maka akan semakin sulit juga sinyal yang akan Anda dapatkan. Jadi, dimanakah tempat yang tepat untuk meletakkan router WiFi ini?

Seorang fisikawan bernama Cole telah menemukan formula yang bisa menunjukkan dimana tempat terbaik untuk meletakkan penguat sinyal WiFi ini. Menurut Cole, penempatan router ini sangat bergantung pada denah rumah yang digunakan.

Untuk itu, Cole memetakan denah rumahnya terlebih dahulu. Selain itu, Cole juga menetapkan nilai-nilai pembiasan ke dinding. Setelah itu, Cole menggunakan persamaan Helmholtz untuk memodelkan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh router.

Baca juga  : Cara Melihat Pengguna Wifi

Jadi, menurut Cole tempat terbaik untuk menempatkan router ini adalah di tengah-tengah rumah. Dan disimpulkan bahwa semakin jauh Anda dari router atau penguat sinyal WiFi ini, maka akan semakin sulit juga perangkat Anda menangkap sinyalnya.

Demikianlah beberapa cara pasang penguat sinyal WiFi yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan penjelasan ini Anda bisa menentukan dengan tepat dimana Anda akan meletakkan router WiFi Anda di rumah.

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.