4+ Cara Memperbaiki Wifi yang Tidak Bisa Connect di Laptop

cara memperbaiki wifi yanf tida connect
banner 120x600

Wifi di laptop masih saja bermasalah dan tidak dapat terkoneksi? Jangan panic, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam mengatasinya. Simak penjelasannya di bawah ini mengenai cara memperbaiki wifi  tidak  Connect di laptop.

Cara Memperbaiki Wifi Tidak Connect di Laptop

Wifi tidak dapat terkoneksi? Anda bisa melakukan cara memperbaiki dengan beberapa cara terbaik di bawah ini.

1.    Cek Pengaturan Internet di Laptop

Cara mudah yang pertama yakni mengecek atau memastikan pengaturan internet di laptop. Hal ini biasanya menjadi salah satu penyebab kenapa wifi di laptop tidak bisa koneksi ke internet.

Untuk melakukan pemeriksaan ini, pastikan dahulu jaringan wifi yang ada di laptop Anda kemudian lakukan pengecekan mengenai pengaturan internet yang ada di laptop.

Perhatikan ikon notif pada laptop yang ada di bagian sudut kanan bawah layar, jika terdapat tanda seru berwarna kuning, artinya laptop Anda tidak terhubung ke jaringan wifi.

Jika hal ini terjadi Anda bisa memperbaikinya dengan poin-poin yang akan dijelaskan di bawah ini.

2.    Memperbaiki Koneksi Wifi dengan Mengubah Saluran

Cara pertama untuk memperbaiki wifi yang tidak bisa koneksi ialah dengan mengubah salurannya.  Ketika notif tanda seru masih muncul, Anda bisa memperbaikinya dengan cara mengubah saluran pada pengaturan  Wireless Connectionnya.

Untuk beralih ke Networking maka Anda harus membuka menu Control Panel lalu menuju menu  Network and Internet, selanjutnya Network and Sharing Centre  dan berakhir di Change Adapter Setting.

Di sini Anda akan menemukan menu Wireless Connection, silakan buka dan  pilih opsi Properties. Pada opsi ini Anda akan menemukan tab Networking, silahkan temukan Internet Protocol Version 4 dan klik dua kali.

Baca juga : Cara Mengatur Jarak WiFi IndiHome

Terakhir pilih opsi  Obtain IP Address Automatically, pilih Obtain DNS Server Address Automatically dan klik OK.

Jika sudah, Anda bisa melakukan Restart Laptop, kemudian memeriksa tanda seru tersebut masih ada atau tidak. jika berhasil tanda seru akan hilang, jika masih muncul maka Anda bisa melakukan cara di bawah ini.

3.    Install Ulang Driver Wifi di Laptop

Cara lainnya Anda bisa memperbaikinya dengan install ulang drive wifi pada laptop. Sebab bisa saja wifi yang tidak dapat terkoneksi disebabkan oleh permasalahan drivernya.

Untuk melakukan install ulang driver wifi laptop Anda bisa melakukannya dengan langkah-langkah berikut:

  • Silahkan klik kanan di bagian menu “Start” yang ada di bagian sudut bawah kiri untuk menemukan menu Manage.
  • Di menu Manage, pilih opsi Device Manager lalu cari Network Adapter. Jika Anda menemukan tanda seru, maka driver wifi bermasalah.
  • Temukan tab Hardware Wifi yang ada di bagian bawah Network Adapter, selanjutnya klik kanan tab Hardware Wifi dan pilih Uninstall.
  • Selanjutnya klik kanan dan pilih tab Scan for Hardware Changes, dengan begitu laptop akan menginstall ulang driver Wifi dengan otomatis.

Anda bisa menghubungkan kembali ke Wifi dan mengecek koneksinya jika sudah menginstal Driver Wifi.

Baca juga : Cara Kerja Modem WiFi

4.    Melakukan Riset Koneksi Laptop

Cara terakhir jika wifi di laptop masih belum terkoneksi ke wifi setelah melakukan cara-cara di atas.

Maka selanjutnya Anda bisa memeriksa kembali apakah terdapat keterangan Limited Access atau tidak di laptop tersebut.  Jika Anda menemukannya, maka lakukan reset koneksi laptop agar bisa connect ke Wifi.

Demikianlah keempat cara memperbaiki wifi tidak connect khususnya di laptop. Semoga cara-cara di atas dapat membantu Anda.

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.