Cara Kerja Modem WiFi yang Perlu Anda Pelajari

cara kerja modem wifi
banner 120x600

Cara kerja modem WiFi ini sangat perlu untuk Anda pelajari. Sebab, kebutuhan akan internet ini sangat penting untuk pekerjaan maupun kegiatan sehari-hari lainnya. Terlebih lagi di era digital seperti saat ini yang mana semua hal membutuhkan jaringan internet untuk bisa melakukan segala hal secara digital. Simak ulasan mengenai cara kerja modem WiFi berikut ini!

Pengertian Modem

Modem menjadi salah satu perangkat yang sangat penting dalam menghadirkan layanan internet di rumah. Apakah Anda tahu kepanjangan dari modem? Modem sendiri kepanjangan dari modulator – demodulator yang merupakan perangkat yang memungkinkan komputer dan router untuk mengirimkan dan menerima informasi melalui jaringan internet.

Secara umum, fungsi utama dari modem ini adalah dengan mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Setelah itu, modem akan mengubah sinyal analog kembali menjadi sinyal digital. Bagian modulator dari modem akan mengubah informasi digital dari komputer untuk menjadi sinyal analog yang kemudian akan dikirimkan ke perangkat penerima.

Setelah sinyal sampai di perangkat penerima, demodulator pun akan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital di komputer.

Cara Kerja Modem WiFi

Setelah Anda memahami apa itu modem WiFi, maka sekarang saatnya Anda mempelajari mengenai cara kerja modem WiFi. Berikut ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara kerja dari modem.

  • Ketika Anda online, baik melalui PC atau smartphone akan mengirimkan sinyal digital ke modem. Nah, modem inilah yang nantinya akan membuat sambungan ke internet.
  • Ketika membuka browser dan memasukkan URL situs website, maka komputer akan mengirimkan permintaan untuk melihat situs website. Modem inilah yang berperan untuk mengubah permintaan digital menjadi sinyal analog . Hal itu bisa ditransmisikan melalui telepon atau saluran kabel.
  • Sinyal analog tersebut akan dialirkan ke komputer yang meng-hosting situs website Disana. Sinyal analog ini akan ditunggu oleh modem lainnya. Nah, modem inilah yang akan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Kemudian, modem akan mengirimkan sinyal digital ke komputer host.
  • Setelah itu, komputer host akan merespon permintaan dalam format digital yang bisa diproses dan dibaca oleh perangkat Anda tersebut.
  • Apabila Anda sudah selesai menggunakan internet, maka komputer akan mengirimkan sinyal ke modem untuk memutuskan koneksi jaringannya.

Baca juga : Cara Memperbaiki Wifi

Saat ini, terdapat berbagai jenis modem yang berdasarkan pada pemasangannya, yakni modem eksternal dan modem internal. Untuk lebih memahami kedua jenis modem ini, silahkan Anda simak penjelasannya berikut ini.

1.    Modem Eksternal

Modem eksternal ini merupakan modem yang di tempatkan di luar CPU dan terpisan dengan PC. Namun, modem ini akan dihubungkan dengan kabel LAN dan USB.

2.    Modem Internal

Modem internal merupakan perangkat jaringan yang di pasang dalam perangkat CPU.  Nama lain Modem internal ini juga biasa di kenal dengan modem on – board. Biasanya modem internal ini memiliki dua jenis, yakni dial – up dan nirkabel.

  • Model dial – up ini bisa di gunakan namun memerlukan koneksi dengan saluran telepon. Selain itu, model dial – up ini juga memerlukan nomor telepon akses jaringan dan nama pengguna serta ID login.

Selain memiliki fungsi utama untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, modem juga memiliki fungsi lain yakni memeriksa informasi yang di terima aman atau tidak. Tidak hanya itu, fungsi lain dari modem WiFi ini adalah mengkompresi data, hingga mengontrol aliran sinyal.

Baca juga  : Cara Mengatur Jarak WiFi IndiHome

Dan inilah penjelasan lengkap mengenai bagaimana cara kerja modem WiFi. Dengan mengetahui bagaimana cara kerja modem, maka Anda akan lebih mudah dalam menggunakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.